WELCOME TO MY BLOG

Minggu, 20 Februari 2011

Klasifikasi Hutan

Hutan memainkan peranan yang sangat penting dalam kehidupan di bumi kita yang satu ini. Ia memberikan perlindungan terhadap kestabilan tanah, iklim lokal, hidrologi tanah dan efisiensi siklus hara di antara tanah dan vegetasi. Hutan juga dapat menyerap karbondioksida (CO2) di atmosfir sehingga mengurangi pemanasan global. Selain itu, hutan juga menjadi habitat (tempat hidup) dari berbagai jenis flora dan fauna. Dilihat dari sudut ekonomi, hutan tidak saja menghasilkan kayu industri dan kayu bakar, melainkan juga obat-obatan dan tanaman bermanfaat lainnya. Hutan Indonesia merupakan hutan hujan tropis, yakni suatu komonitas tumbuhan yang selalu hijau dengan tinggi pohon atau tajuk (canopy) paling rendah 30 meter, kaya akan liana atau tumbuhan merambat berkayu dan berbagai bentuk kehidupan lainnya seperti pohon, herba, dan epifit. Dimana pohon merupakan bentuk kehidupan yang paling dominan. Indonesia dikenal sebagai salah satu negara pemilik hutan tropika terbesar di dunia setelah Brazil dan Zaire. Menurut RePPProT (1990), luas hutan tropika yang masih tersisa di Indonesia mencapai 119,7 juta Ha atau sekitar 65% dari luas seluruh
daratannya. Klasifikasi hutan berdasarkan fungsi pemanfaatannya
Berdasarkan fungsi pemanfaatannya, hutan Indonesia
dibagi menjadi:
- Hutan produksi, kawasan hutan yang diperuntukkan bagi produksi kayu, rotan, getah dan hasil hutan lainnya. Hutan produksi terdiri dari Hutan Produksi Tetap dan Hutan Produksi Terbatas. Meliputi 44% luas kawasan hutan di Indonesia (kurang lebih 63 juta ha).
- Hutan Lindung, kawasan hutan yang memiliki sifat fisik yang khas yang fungsinya terutama sebagai pengatur tata air. Luasnya adalah 30,3 juta ha atau 27% dari seluruh kawasan hutan yang ada.
- Hutan Suaka Alam dan Hutan Wisata, diperuntukkan bagi perlindungan dan pelestarian sumber plasma nutfah dan sistem penyangga kehidupan, pengembangan ilmu pengetahuan, pendidikan dan wisata.

1 komentar:

  1. Postingan yang bagus
    terima kasih telah menyediakan info ini
    sangat membantu..............

    BalasHapus